Ini Alasan Kenapa Yoghurt Baik untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Anak

Anak balita umumnya sangat rentan mengalami sakit. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya terbilang lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa. Masalah kesehatan yang sering menyerang pada anak-anak umumnya seputar pada sistem pencernaan. Anak-anak umumnya lebih rentan mengalami sakit diare, sembelit, dlsb. Sebagai orang tua, tentunya Anda tidak ingin bukan hal ini terjadi pada putra-putri Anda? Karena diare pada anak bisa membuat anak menjadi lemas dan dehidrasi. Belum lagi nafsu makan yang berkurang. Untuk itu, ada baiknya anda melakukan upaya pencegahan agar anak terhindar dari yang namanya masalah pencernaan.

Orang tua bisa memberikan asupan makanan yang kaya akan serat, seperti dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu bisa juga memberikan makanan yang mengandung probiotik. Probiotik merupakan organisme hidup yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi. Salah satu makanan yang juga mengandung probiotik adalah yoghurt. Yoghurt merupakan hasil dari fermentasi susu yang sangat terkenal sebagai probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose.

Selain yoghurt, sebenarnya banyak bahan makanan lainnya yang juga mengandung probiotik yang bagus untuk kesehatan pencernaan, seperti tempe, kefir, kimchi, dll. Selain itu ada juga Lacidofil kapsul yang merupakan probiotik kapsul untuk Antibiotic Associated Diarrhea yang bisa dikonsumsi oleh anak di atas usia 2 tahun dan orang dewasa untuk memelihara kesehatan fungsi pencernaan. Untuk anak berusia di bawah dua tahun, yoghurt bisa menjadi pilihan tepat untuk makanan probiotik yang bisa diberikan untuk si kecil.

Probiotik atau bakteri baik dalam yoghurt memang sangat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan bakteri baik ini akan membantu melawan bakteri jahat yang bisa merusak kesehatan usus. Dengan sering mengkonsumsinya setiap hari, jumlah bakteri baik dalam usus nantinya akan bertambah dan terhindar dari masalah pencernaan yang menyerang usus. Sehingga dengan mengkonsumsi yoghurt masalah kesehatan usus bisa diminimalisir. Yoghurt juga termasuk makanan yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga bagi anak-anak yang sudah mengkonsumsi MPASI, yoghurt bisa dikenalkan sebagai camilan sehat setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *