Macam Macam Corrugated Carton Box

Penggunaan kertas sangat beragam mulai dari media cetak, cetak dan kemasan. Terutama di industri corrugated carton box ada dua kelompok utama kertas, yaitu kertas untuk lapisan datar (lining) dan kertas untuk lapisan bergelombang (flute).

1. Liner
Di Indonesia, kertas liner sering disebut kekuatan. Ini tidak sepenuhnya cocok karena dinilai berdasarkan proses produksi dan komposisi bahan tidak memenuhi kategori daya. Lapisan dapat dibagi menjadi dua kelompok lapisan, yaitu:
• Kraft Liner => Terbuat dari komposisi bubur kertas baru dan sedikit serat daur ulang. Parameter kualitasnya sangat bagus. Biasanya permukaan lebih halus dan berat perekat lebih baik.
• Test Liner => Terbuat dari 100% kertas daur ulang. Meskipun terbuat dari kertas tua 100%, tetapi dengan proses produksi dan penambahan beberapa aditif, parameter kualitas yang lebih baik dapat diperoleh, meskipun biasanya tetap di bawah power liner.
Warna alami lapisan cokelat kusam, tetapi ada juga yang menambahkan proses pemutihan ke proses produksi menjadi putih. White liner sering digunakan sebagai bahan kemasan yang membutuhkan kualitas dan penampilan cetak yang lebih baik dan menarik.
2. Fluting Medium
Bahan lapisan bergelombang lebih dikenal sebagai kertas medium (medium flute atau medium bergelombang). Penilaian berdasarkan bahan dan proses dapat dibagi menjadi dua kelompok medium, yaitu:
• Semi Chemical medium fluting => Terbuat dari kayu keras yang terbuat dari serat kayu, yang diproses secara semi-kimia dengan campuran yang sangat kecil dari pabrik kertas tua. Kualitasnya sangat bagus, tetapi harganya tidak ekonomis.
• Bogus medium = = Kertas rata-rata yang terbuat dari 100% kertas bekas. Kualitasnya lebih rendah dari media semikokimia. Tetapi dengan perkembangan teknologi pembuatan kertas, termasuk penggunaan bahan kimia, kualitas menengah yang baik dapat dicapai.

Di Indonesia, kertas lining dan medium diproduksi dengan kertas limbah 100%. Hal ini dilakukan bersamaan dengan pengembangan persyaratan bahan baku yang murah dan ekonomis. Secara umum tidak ada lagi pabrik box arsip besar yang ingin atau dapat membeli kertas dengan bubur kertas murni dan dapat menjual kertas kepada pelanggan. Dalam beberapa kasus, pengguna kemasan masih membutuhkan kotak kardus yang terbuat dari liner yang mengandung pulp murni, sehingga liner tersebut diimpor ke pasar yang sempit. Industri susu adalah contoh dari penggunaan kardus dengan bahan makanan. Bahan baku kertas yang dikirim ke pabrik adalah gulungan kertas dalam bentuk gulungan kertas dengan lebar dan diameter gulungan tertentu sesuai dengan spesifikasi mesin bergelombang. Panjang gulungan kertas pada gulungan juga bervariasi tergantung pada jenis bingkai kertas dan juga kepadatan proses gulungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *