Makanan Pendamping Asi Bayi Usia 8 Bulan

Sudah kewajiban kita sebagai orang tua untuk selalu memberikan yang terbaik untuk anak kita. Memberikan asupan makanan yang penuh dengan gizi merupakan hal penting untuk menunjang pertumbuhan si kecil. Ketika usianya sudah masuk 8 bulan, maka anda bisa mengenalkan makanan padat yang bervariasi untuknya. Variasi menu MPASI 8 bulan juga bisa anda terapkan agar bayi mengenal citarasa makanan dalam diri mereka. Pada saat si bayi menginjak usia 8 bulan bayi sudah semakin aktif dalam bergerak. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisinya juga harus meningkat. Jadi anda diharuskan lebih teliti dalam memilih makanan untuk bayi dengan usia 8 bulan. Nutrisi yang lengkap jadi salah satu fokus penting karena bayi sedang berada dalam perkembangan. Meskipun pada usia ini bayi bisa mengunyah makanan, tapi anda pastikan bayi hanya makan makanan padat yang sudah dihaluskan saja. Bubur cair sekarang sudah tak menarik lagi bagi si bayi jadi cara masaknya harus dirubah. Anda bisa juga pastikan bayi bisa memainkan sendok dan juga garpu agar si bayi nanti terbiasa untuk makan sendiri. Berbagai jenis buah disarankan dalam bentuk potongan seperti misalnya mangga, pepaya, kiwi dan pir. Ini supaya bayi tidak tersedak.

Anda bisa juga untuk membantu kemampuan jari bayi dengan memberi makanan yang tidak mudah hancur saat dipegang. Anda bisa mencoba memberikan pisang atau anggur yang dipotong kecil kecil. Saat bayi makan orang tua harus terus mengawasi si bayi saat mulai memegang makanan tersebut. Pertumbuhan gigi pada bayi saat usia 8 bulan mulai membaik sehingga perlahan-lahan si kecil akan belajar untuk mengunyah makanan. Dengan perkembangan tubuhnya yang semakin pesat pada beberapa organ tubuhnya maka juga akan memberikan dampak positif pada perkembangan pencernaan pada si kecil. Karena pada saat usia seprti ini bayi sudah bisa diperkenalkan makanan yang lebih padat maka dalam tahapan ini Anda bisa memberikan tim saring. Selain itu, MPASI 8 bulan yang diberikan sudah bisa menggunakan campuran rasa yang lebih bervariasi. Bayi dengan usia 8 bulanan akan menunjukkan perkembangan motorik dan sensorik yang sangat baik. Akan tetapi biasanya bayi akan mengalami penurunan berat badan karena memang gerakan bayi yang semakin aktif. Agar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi, anda bisa bantu dengan mencukupi semua nutrisi dari makanan padat selain ASI dan juga susu formula.

Resep Membuat Bubur Daging Beras Merah
Bahan:

  • 100 gram daging cincang
  • 50 gram beras merah
  • 1 buah tomat cincang
  • 450 ml air
  • 50 gram bayam merah
  • 50 gram wortel
  • ½ sendok keju parut
  • 1 sendok seledri cincang
  • Cara Membuat:

Langkah pertama rebus beras merah sampai beras mengembang. Selanjutnya masukan tomat cincang dan daging. Biarkan beberapa saat hingga mendidih. Setelah itu masukan wortel, seledri, bayam dan keju. Aduk hingga benar-benar rata atau tercampur. Segera sajikan pada bayi selagi masih hangat.

Resep Cemilan Sehat
Bahan:

  • 2 sdm susu formula
  • 1 buah pisang ukuran kecil, haluskan
  • 200 ml air matang

Cara Membuat:
Seduh susu formula dengan air sebanyak 200 ml. Kemudian anda campur dengan pisang yang sudah dihaluskan dan aduk rata. Sajikan langsung pada bayi.

Demikianlah sedikit informasi mengenai MPASI 8 bulan untuk bayi anda. Semoga informasi kali ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi anda sebagai orang tua dalam memantau pertumbuhan bayi anda, dan jangan lupa selalu awasi mereka saat mulai memakan sesuatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *