MASYARAKAT SEBAGAI AGEN PENYEBAB

Jakarta merupakan salah satu kota dari berbagai kota yang ada di dunia ini yang  masih setia dengan permasalah kemacetan. Jumlah kendaraan yang sekarang sudah melebihi kapasistas yang ada menjadi penyebab utamanya. Karena disebabkan, masyarakat cenderung lebih senang menggunakan kendaraan pribadi yang dimiliki daripada kendaraan umum yang sudah di sediakan oleh pemerintah. Permasalaha kemacetan ini juga menimbulkan permasalahan lain seperti stres, polusi udara maupun suara dan juga pemborosan waktu. Sejatinya pemerintah telah mengambil tindakan untuk mengurangi kemacetan yang ada, namun langkah tersebut terkesan tidak efektif karena tidak dibarengi dengan peran masyarakat. Pada dasarnya kemacetan ini bukan hanya salah pemerintah namun juga masyarakat. Berikut penjabaran beberapa penyebab kemacetan apabila dilihat dari sisi masyarakat, yaitu:

  1. Untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang transportasi, masyarakat tentunya membutuhkan kendaran pribadi. Namun masyarakat juga harus membatasi jumlah kendaraan yang mereka miliki. Akan lebih bijak apabila masyarakat lebih banyak menggunakan kendaraan umum, jika memang masih tidak dapat terpenuhi kebutuhannya dengan menggunakan kendaraan umum.
  2. Para pengendara yang juga sering menyerobot dalan dan juga lampu merah merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan. Padahala tindakan itu juga dapat membahayakan dirinya sendiri. Pengendara yang baik pasti akan memeperhatikan kecepatannya agar tetap dalam koridor dan juga tidak tergesa-gesa.
  3. Pengendara yang tidak memarkirkan kendaraannya di tempat yang seharusnya. Beberrapa pengendara ada yang memakirkan kendaraannya di depan rumah, pinggir jalan, bahkan di trotoar yang seharusnya tempat untuk pejalan laki. Kendaraan yang di parkiran di bahu jalan akan menyebabkan pengguna jalan kesulitan untuk lewat, hal itu akan berdampak pada kemacetan. Sebaiknya masyarakat sadar untuk memarkirkan kendaraannya di tempat yang memang seharusnya.
  4. Masyarakat beranggapan bahwa memiliki kendaraan pribadi merupakan salah satu hal yang keren dan dapat di banggakan. Dan masyarakat merasa jika menggunakan kendaraan umum adalah hal yang memalukan dan harus di hindari karena dapat menurunkan harga diri mereka. Pola pikir dan gaya hiudp yang seperti ini seharusnya di hilangkan demi terciptanya lingkungan yang baik.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *