Tiru Jejak Mijatovic atau Milosevic

Predrag Mijatovic, Savo Milosevic, Darko Kovacevic, dan Mateja Kezman merupakan penyerang-penyerang yang lumayan ikonik berasal dari Serbia (sebelumnya bernama Yugoslavia/Serbia & Montenegro). Ketika Aleksandar Mitrovic masih mengudara, Serbia udah bersiap melahirkan bintang baru di dalam diri Luka Jovic.

Menurut agen bola deposit 50rb, Jovic pas ini masih berusia 21 tahun. Dia belum bermain di kesebelasan besar. Saat ini mantan pemain Red Star Belgrade ini tengah membela kesebelasan Jerman, Eintracht Frankfurt. Tapi di Frankfurt-lah namanya jadi semakin jadi perbincangan.

Di Frankfurt, Jovic memang “hanya” berstatus pinjaman. Kontrak permanennya dimiliki oleh kesebelasan asal Portugal, Benfica. Jovic direkrut Benfica dikala dirinya masih berusia 18 tahun. Dia gagal bersaing bersama dengan Kostas Mitroglou dan Raul Jimenez yang termasuk berstatus rekrutan anyar. Belum lagi Jonas Goncalves masih tajam.

Meski belum matang, Jovic miliki potensi untuk jadi penyerang haus gol. Umur 16 th. dia memecahkan rekor Dejan Stankovic di Red Star bersama dengan jadi pemain termuda di dalam sejarah Red Star. Apalagi terhadap debutnya dia langsung mencetak gol.

Musim berikutnya, usianya yang belum pas 17 th. tak membuat pelatih Red Star pas itu, Nenad Lalatovic, sangsi untuk memainkannya di tidak benar satu laga paling panas dunia: Eternal Derby. Jovic pun jadi pemain termuda di dalam sejarah Enternal Derby.

Cuma mencetak 13 gol berasal dari 48 penampilan bersama dengan Red Star tak nampak mewah. Tapi bersama dengan usianya yang masih muda, Jovic adalah investasi menjanjikan. Karenanya Benfica pas itu tak sangsi membayar 7 juta euro terhadap kesebelasan pemilik Jovic, APOEL Limassol. Ketika itu kontrak Jovic sempat jadi kontroversi karena ternyata Red Star udah menjual kepemilikan Jovic terhadap agen asal Israel, Pini Zahavi, yang termasuk berstatus sebagai pemilik APOEL.

Ketika ke Benfica, Jovic di tandatangani kontrak sampai 2021. Klausul pelepasannya capai 55 juta euro. Frankfurt nyatanya siap mengaktifkan klausul pelepasannya itu karena Jovic terbukti tajam sepanjang bermain di Bundesliga, khususnya terhadap musim kedua (2018/19). Saat artikel ini ditulis, pemain kelahiran Bosnia & Herzegovina ini tercatat mencetak 22 gol dan 7 asis hasil berasal dari 36 penampilan di segala ajang. Frankfurt termasuk baru saja menghalau Inter berasal dari Liga Europa

Sinarnya semakin berpendar dikala Jovic akhirnya mencetak gol pertamanya untuk Timnas Serbia terhadap 20 Maret 2019. Uniknya, gol perdananya itu lahir pas hadapi Jerman di Volkswagen Arena. Jovic sendiri lumayan akrab bersama dengan merobek jalan markas Wolfsburg tersebut di mana ia udah mencetak dua gol berasal dari dua lawatannya ke Volkswagen Arena.

Jovic memang udah mencuri perhatian terhadap Piala Dunia 2018 lalu. Tapi namanya masih kalah mentereng berasal dari Mitrovic yang udah jadi andalan Serbia sejak 2014 lalu, atau dikala dirinya masih berusia 19 tahun.

Dengan usia Jovic yang masih muda, Serbia jelas miliki harapan besar di jaman depan. Sebelum Jovic (juga Mitrovic), Serbia sempat kesulitan mendapatkan penyerang nomor 9 yang persis bersama dengan nama-nama besar di jaman lampau layaknya Mijatovic, Milosevic, dan Kezman. Kehadiran mereka membuat Serbia (ketika itu bernama Yugoslavia) lumayan diperhitungkan meski memang sukar capai prestasi juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *